Headlines News :

Kesehatan

Kesehatan
Home » , » Pelajari Tahap Perkembangan Anak

Pelajari Tahap Perkembangan Anak

Written By IP on Kamis, 01 September 2011 | 11.08

Seorang pendidik haruslah mengetahui bagaimana pola atau tahap perkembangan yang sedang terjadi pada seorang anak. Hal ini dikarenakan untuk memberikan sesuatu kepada seorang anak haruslah sesuai dengan keadaan sosial dan emosi dari anak itu sendiri. Bukan hanya pendidik, tentunya hal ini juga sangat penting bagi orang tua yang menginginkan semua yang terbaik untuk anaknya ke depan.

Berikut beberapa tahap perkembangan manusia menurut Erikson.
 
1.Bayi (0-18 bulan): trust vs mistrust
Ini merupakan tahapan paling penting dalam hidup seseorang. Karena bayi belum bisa apa-apa, pengembangan kepercayaan tahap ini bergantung pada kualitas dari orang yang merawat. Jika orang yang merawat tidak stabil secara emosional, bayi akan tumbuh dengan rasa takut dan percaya bahwa dunia ini bukan tempat yang aman baginya. Pemberian ASI, MPASI, dan makanan padat pertama merupakan bagian penting dalam tahap ini karena menumbuhkan ikatan yang akan berujung pada rasa percaya.

2.Batita (1,5-3 tahun) : autonomy vs shame & doubt
Tahap ini seorang anak mulai belajar memiliki kendali yang lebih besar pada dirinya. Bagian penting dalam tahap ini adalah toilet training karena anak-anak akan belajar untuk mengendalikan bagian tubuhnya yang nantinya akan mengarah kepada perasaan memiliki kendali serta belajar kemandirian. Pada usia ini, anak-anak akan banyak bersikap “sok tahu” untuk memilih pakaian atau mainannya sendiri. Mungkin saja warna pakaian yang dipilihnya membuat orang tuanya sakit mata, namun itulah proses mereka untuk belajar mandiri.

3.Usia pra sekolah (3-6 tahun) : initiatives vs guilt
Dalam tahap pra sekolah, anak-anak mulai belajar berinteraksi secara sosial melalui permainan yang terarah. Mereka belajar bermain dengan aturan tertentu. Anak-anak yang berhasil melewati tahapan ini akan memiliki rasa percaya diri karena merasa mampu dan bisa memimpin teman-temannya. Mereka yang tidak berhasil menguasai ketrampilan ini akan cepat merasa bersalah, meragukan kemampuan diri serta tidak memiliki inisiatif.

4.Usia sekolah (7-12 tahun) : industry vs inferiority
Pada tahap ini anak-anak mengembangkan rasa bangga akan pencapaian dan kemampuan mereka. Anak-anak yang mendapatkan dukungan dan pengakuan dari orang tua, guru serta teman sepermainannya akan mengembangkan perasaan ‘saya bisa’ dan yakin akan kemampuan mereka. Mereka yang tidak mendapatkan dukungan tersebut akan meragukan kemampuan diri mereka untuk berhasil di masa mendatang. Kasus bullying umumnya mulai terjadi pada usia ini.

5.Remaja (12-19 tahun) : identity vs role confusion
Dalam tahap ini si remaja mulai mengeksplorasi kemandirian mereka serta mengembangkan konsep diri. Mereka yang mendapatkan dorongan positif akan memiliki rasa bangga akan dirinya serta kemandirian dan kendali yang kuat.

6.Dewasa muda (19-35 tahun) : intimacy vs isolation
Pada tahap dewasa muda ini, sangatlah penting bagi seseorang untuk mulai mengembangkan hubungan dekat dengan orang lain. Perlu diingat bahwa setiap tahapan mengacu pada ketrampilan yang sudah dipelajari pada tahapan sebelumnya. Studi menunjukkan bahwa mereka yang memiliki konsep diri yang rendah cenderung mempunyai hubungan yang berkomitmen rendah dan lebih mudah mengalami depresi.

7.Dewasa (35-60 tahun) : generativity vs stagnation
Dalam tahap ini, seseorang harus berkembang untuk membentuk dan memandu generasi yang baru, baik dari segi pekerjaan atau karir maupun keluarga. Memiliki anak tidak berarti seseorang sudah berhasil melewati tahap ini.

8.Usia Lanjut (60 tahun ke atas) : integrity vs despair
Tahapan terakhir dalam hidup ini umumnya berfokus pada refleksi pada kehidupan yang sudah dijalani. Mereka yang tidak berhasil melewati tahapan ini akan menyesali banyak hal dan merasa hidupnya sia-sia. Berhasil melewati tahapan ini berarti memiliki kepuasan akan hidup serta kebijakan bahkan sewaktu menghadapi kematian.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Trending Topic

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. si-Buta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger